Minggu, 19 Agustus 2012

Begini Seharusnya Menjadi Guru


Resensi 1


Judul buku                : Begini Seharusnya Menjadi Guru
Penulis                      : Fu’ad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub
Penerbit                     : Dar Al-Qasim
Tebal                          : 188 halaman


Profesi mengajar tidak dapat disamai oleh satu profesi lain, pun dalam hal keutamaan dan kedudukan, dan profesi (sebagai) pengajar termasuk semulia-mulia dan seluhur-luhur profesi. Setiap kali materi pengajaran yang diajarkan lebih mulia dan lebih bermanfaat, maka kemuliaan dan kedudukan pemiliknya pun akan semakin terangkat.

Karakter-karakter yang harus dimiliki seorang pengajar antara lain mengikhlaskan ilmu untuk Allah, jujur, serasi antara ucapan dan perbuatan, bersikap adil dan tidak berat sebelah, berakhlak mulia dan terpuji, tawadhu’, pemberani, bercanda bersama anak didiknya, sabar dan menahan emosi, menghindari perkataan keji yang tidak pantas. Acuan dan dasar penulis menetapkan karakter-karakter ini adalah perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW yang terangkum dalam sejumlah hadits-hadits penting dari Al-Mushthafa.

Yang penting yang harus digarisbawahi, salah satu kewajiban asasi seorang pendidik adalah membersihkan nilai-nilai negatif dan virus-virus jahiliyah dari materi yang diajarkannya. Dalam buku inilah disajikan metodologi mendidik yang penuh teladan dan lurus yang diambil dari contoh-contoh sikap dan tindakan Rasulullah SAW dalam mendidik para sahabat. Karena metode yang baik, bisa jadi lebih berpengaruh daripada kuatnya materi. Buku ini adalah buku yang sangat baik dibaca untuk setiap orang tua dan khususnya para pendidik dan akademisi.

By: Siska Dewi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar