Minggu, 19 Agustus 2012

12 Langkah Membentuk Manusia

www.sekolahguruindonesia.net
Judul buku                : 12 Langkah Membentuk Manusia Cerdas
Penulis                      : Rajendra Kartawiria
Penerbit                     : Hikmah
Tebal buku                : 193 halaman


Manusia dianugerahi akal dan pikiran yang mendukung daya analisis dan kesempurnaan komunikasi. Kelebihan manusia ini tidak lain merupakan cerminan peranan dari otak yang ada pada kepala manusia.  

Buku ini mencoba mencari keterkaitan antara peran sentral otak dan kalbu. Kajian dilakukan dengan memadukan ilmu pengetahuan modern tentang otak dan ayat-ayat tentang kalbu dalam Al-Quran. Hal yang menarik dari kajian ini adalah adanya kesepadanan dan keselarasan antara pengetahuan kita tentang otak dan pernyataan Al-Quran tentang kalbu. Upaya untuk mengasah kecerdasan otak, juga akan berdampak pada kecerdasan kalbu. Sebaliknya setiap upaya menyehatkan kalbu juga akan menyehatkan otak. Ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran mengalir dari satu bagian otak ke bagian otak lain, membangun komunikasi antar bagian otak, meningkatkan kemampuan analisis secara komprehensif, yang berarti mencerdaskan otak.

Dengan keselarasan ini, otak dan kalbu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai-nilai kehidupan. Diawali dengan membongkar kebekuan berpikir, kemudian dilanjutkan dengan membangun persepsi, memahami perilaku, menyadari kesederajatan tanggung jawab otak dan kalbu bagi seluruh umat manusia, mengasah otak dan kalbu, dan membangun budaya bersama. Pada akhirnya pendayagunaan otak dan kalbu ini menunjukkan bahwa dalam otak yang cerdas terdapat kalbu yang sehat.

Pendayagunaan otak dan kalbu ini menunjukkan bahwa dalam otak yang cerdas terdapat kalbu yang sehat. Hal ini tentu mendorong untuk selalu bersikap seimbang dalam menyikapi dan mengembangkan fakta-fakta dunia dan panggilan hati nurani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar